bermain telepon rusak

Salam Pramuka !
Latihan hari ini adalah bermain Telepon Rusak. Ada yang sudah pernah bermain Telepon Rusak Belum? Kalau belum ini caranya.
bentuk beberapa regu lomba. satu regu berjumlah sama antara 5-10 orang. lebih banyak lebih baik agar permainan ini semakin seru. setiap kelompok berbaris secara berbanjar dengan jarak kurang lebih 1 m, lebih jauh juga boleh untuk jumlah regu yang sedikit. karena konsep permainan ini adalah lomba, maka antara satu regu dengan regu yang lain harus diberi jarak, agar nanti tidak terjadi kecurangan.
semua anggota menghadap membelakangi Pembina, kecuali pemimpin regu [pemimpin regu menghadap pembina].
setelah semua siap, Pembina memanggil semua pemimpin regu untuk berkumpul. nah, disinilah "sumber" telepon rusak itu. Pembina membisikkan kepada semua Pinru agar mereka meneruskan berita yang Pembina maksud kepada anggotanya masing-masing. Pembina sebaiknya hanya mengucapkan sekali saja, namun harus jelas dan bisa dimengerti oleh semua Pinru.
setelah semuanya siap, dalam hitungan ketiga, Pembina meniup peluit dan seketika itu juga Pinru harus berlari untuk "MEMBISIKKAN" berita dari pembina tadi. ingat, hanya boleh Berbisik.
Pertama-tama Pinru menepuk pundak anggota pertama kemudian membisikkan berita tadi hanya sekali saja, tetapi harus jelas. begitu seterusnya sampai pada anggota yang terakhir. setelah sampai pada anggota yang terakhir, segera berlari menuju Pembina untuk menyampaikan berita yang diterimanya tadi. jika benar maka regu tersebut mendapat nilai 10. sedangkan regu yang salah maka diberi nilai 0 dan dapat dihukum memberikan hadiah kepada pemenang berupa tepuk Pramuka atau bernyanyi.
agar semakinmenarik, maka Pembina ketika memberikan berita, sengaja dibuat salah, misalnya: Pramuka menjadi Parmuka, Tunas Kelapa menjadi Tunas Kepala, Ulat menjadi Uler, dsb.
Makna permainan ini, yaitu sebagai sarana melatih Kemampuan Indra Manusia [KIM] yaitu indra Pendengaran. selain itu, dengan berlari juga dapat melatih fisik anggota pramuka. permainan ini juga melatih anak agar berlaku disiplin, jujur, sigap, dan sportif.
tetap semangat yah, tahiyah kasyafah !
Previous
Next Post »

Silahkan tinggalkan pesan kakak !! ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment
Recent Posts Widget